BLOG

Kekuatan Dari pola Pikir

“Kekuatan Dari Pola Pikir   “Kekuatan Dari Pola Pikir”.Sobat #ruangkreasi pernah gak sih, kita berfikir sesuatu tapi apa yang kita pikirkan malah terjadi ?? 🤔.Tau ...

Read more

Pendidikan Adalah Interaksi

 

Pendidikan adalah interaksi, interaksi manusia dengan sosial mereka, interaksi manusia dengan alam mereka bahkan interaksi manusia dengan alam bawah sadar manusia sendiri. Sesederhana itu pendidikan merupakan interaksi antar individu guna mengambangkan jasmani dan rohaninya.

 

Apa yang dimaksud mengembangkan jasmani dan rohani?? Individu yang berpendidikan akan memiliki kebugaran jasmani yang baik, karena ia tahu apa yang sebaiknya masuk kedalam raganya tanpa mendatangkan kerusakan padanya. Sedangkan rohani yang berpendidikan akan mendatangakan ketenangan bagi setiap individunya. Rohani atau dapat dikatakan sebagai moral, merupakan suatu sikap yang ada dalam raga individu, tak penah dilihat wujud aslinya, namun dapat dilihat wujud interpretasinya. Pencerminan dari individu yang memiliki moral yang berpendidikan tercermin dari sikapnya. Sikapnya dalam menangani masalah masalah sosial di lingkungannya,serta sikap dalam menanggapi setiap perubahan dalam dirinya.

 

Perlu kita ketahui bahwa seorang individu adalah warisan sosial. Manusia adalah warisan yang sangat berharga. Ketika manusia tesebut berbudi pekerti baik, hal yang tidak pernah jauh adalah manusia tersebut akan mewariskan sifat mereka pada anak cucu biologisnya karena interaksi termudah berbagi pendidikan adalah keluarga. Hingga pada interaksi yang lebih besar yakni interaksi sosial, setiap indiviudu akan berbagi apa yang mereka ketahui mengenai segala aspek dalam hidup. Hingga akhirnya apa yang mereka bagi pada individu lain akan terekam oleh setiap individu dari generasi ke generasi. Oleh karenanya, untuk menjadi masyarakat sosial tingkat tinggi seperti hak dasar manusia hal terkecil yang dapat manusia lakukan untuk individu lain adalah mewariskan setiap pendidikan moral baik kepada generasi setelahnya. Hal sama yang dibutuhkan Indonesia saat ini.


 

Negara dengan pendidikan terbaik di dunia

 

Suatu Negara dikatakan sebagai Negara maju dilihat dari berbagai faktor salah satunya adalah kualitas dari individu yang dihasilakan dari proses pendidikan yang mereka terapkan. Dibandingkan dengan Negara Negara yang telah berhasil dalam pendidikannya lantas hal apa yang dapat diterapkan di Negara Indonesia tercinta ini?

 

Berikut adalah ke 5 negara maju di system pendidikan mereka :

 

1. Finlandia

Negara ini dikenal dengan keunikan system belajarnya. System pembelajaran di Negara ini tergolong santai dan non formal, tanpa seragam dan tanpa ujian nasional. Namun mengapa pendidikan mereka dilihat sebagai system yang sangat baik disbanding Negara lain? Di Negara ini mereka menerapkan bahwa kuncinya ada pada tenaga pendidik, tenaga pendidik disini haruslah menempuh minimal jenang pendidikan S2 bahkan hanya unuk mendidik seorang balita. Karena di Negara ini seorang balita akan dididik oleh seorang tenaga pendidik hingga ke jenjang yang sangat tinggi, sehingga tenaga pendidik tersebut akan benar benar tahu dan mampu mengarahkan bakat dan minat anak didiknya tersebut menuju apa yang diinginkan. Sehingga dapat dikatakan system yang diterapkan ialah pendidikan psikologis individu yang ada.

2. Korea Selatan

Dinegara ini setiap anak diwajibkan untuk belajar di sekolah lebih dari 10 jam, dengan ditambah jam perlajaran tambahan. Ditambah setiap orangtua di Negri Gingseng ini bersikap tegas agar anak anak mereka tetap selalu belajar dan membaca setiap hari dalam seminggu penuh. Hal ini karena tingkat persaingan pendidikan dalam Negara tersebut sangatlah tinggi, individu di Negara tersebut di tuntut sedemikian beratnya, oelh karena itu penelitian membuktikan tak sedikit dari anak korea selatan bunuh diri karena depresi akan tekanan selama proses pembelajaran.

3. Jepang

Tak perlu kita ragukan lagi seberapa pesat dan majunya perkembangan teknologi di Negara ini. Negara dengan kemampuan riset terbaik di dunia ini dikenal sebagai Negara yang unggul dibidang teknologi. Selain itu dijepang juga sangat menerapkan pendidikan moral dan tradisi, sehingga tak sedikit tokoh besar yang akhirnya lahir dan dikenal dunia di jepang.

4. Singapura

Negara yang sangat kecil ini memang dikenal dengan Negara yang memiliki system pendidikan terbaik di ASEAN. Bahkan universitas tinggi terbaik se Asia berada di singapura. Hal ini dikarenakan singapura memfokuskan pendidikan sejak tingkat dasar, baik itu pendidikan dalam pengetahua alam maupun moral anak didiknya.

5. Selandia Baru

Menempati peringkat ke-7 dalam PISA tahun 2009 lalu dan berdasarkan indeks pendidikan yang diumumkan oleh Human Development Index (Indeks Pembangunan Manusia) PBB tahun 2008 lalu, Selandia Baru menempati peringkat tertinggi bersama beberapa negara lainnya, seperti Denmark, Finlandia, dan Australia. Salah satu kunci kesuksesannya yakni karena pendidikan wajib di negara ini diberikan kepada anak usia 6 hingga 16 tahun secara cuma-cuma.


Dari Tahu Menjadi Tidak Tahu Adalah Pendidikan

 

PENDIDIKAN adalah proses pembentukan karakter manusia, memang sudah selayaknya manusia berpendidikan sejak mereka dini bahkan bayi dalam kandungan, karena hakikatnya manusia merupakan makhluk yang memilki tingkatan tertinggi didunia.  Manusia yang memiliki akses menjadi ilmuan, menjadi pengusaha, menjadi sastrawan dan apaun itu, manusialah yang menguasai dunia, karena memang manusia ada untuk menjadi Pemimpin di dunia.

 

Menjadi seorang ilmuan sejenius Newton maupun Einstein, menjadi pengusaha dengan kekayaan tertinggi di dunia tidak dimulai dari mengenyam pendidikan tertinggi dikelas yang elit dan ternama di dunia, pendidik yang memiliki gelar professor doktor maupaun renetan manusia saat ini. Perlu kita sadari, manusia tidak berbeda dari segi apapun sejak ia pertamakali dilahirkan ke dunia. Dari sanalah awal manusia nantiya memperoleh pendidikan.

 

Dari mana pendidikan seorang manusia berasal? Pendidikan manusia berasal dari ibunya. Seperti kutipan syair arab bahwa seorang ibu merupakan madrasah pertama bagi anaknya. Dari seorang ibulah seorang manusia tau akan hal yang mendasar, yakni pendidikan mengenai bahasa, bahasa ibu, moral serta agama yang menuntunnya, dari seorang ibulah satu orang manusia nantinya terbenbentuk menjadi warisan sosial. Tidak perlu juga dipertanyakan sepanjang apa gelar seorang ibu yang telah memberikan pendidikan bahasa dan moral bagi anaknya, Karenna perlu kalian semua ketahui, bukan dimana tempat elit dan gelar panjang yang akan tersemat dibelakang nama manusia yang dianggap berpendidikan tinggi, karena hakikatnya arti pendidikan adalah “Upgrade” atau peningkatan , dimana awalnya manusia berada pada titik satu menuju titik lain dengan peningkatan segala aspek yang ada pada dirinya. Sesederhana dari Tidak tahu menjadi Tahu.


 

Tips Mempeluas Pendidikan

 

Pendidikan juga dapat disebut sebagai pengetahuan umum, pengetahuan mendasar yang dimiliki oleh manusia untuk berinteraksi dengan lingkungan dan alamnya. Kalian dapat melihat seberapa penting manusia harus tetap bertahan hidup dengan pengetahuan yang mereka cari dan kembangkan, dengan tujuan akhirnya ialah mencapai kebahagian, serta kepuasan rohani masing masing individu.  Berbagai metode dapat dilakukan oleh manusia untuk menambah pengetahuan mereka, karena pengetahuan memiliki cakupan yang sangatlah luas, tak cukup selesai hingga di bangku sekolah. Berikut adalah Tips memperluas pengetahuan manusia :

 

1. Membaca.

Seperti kalimat Buku adalah Jendela Dunia, hal tersebut memang sesuai dengan kebutuhan keadaan manusia. Sejak dahulu kala membaca adalah salah satu sarana bagi manusia mendapatkan pendidikan menambah pengetahuan mereka, dengan membaca buku, Koran, majalah maupun artikel manusia dapat melihat dunia pada waktu yang bersamaan tanpa beranjak dari tempat duduknya. Membuka wawasannya seluas dunia bahkan jagat raya hanya dengan membaca sesering mungkin manusia akan mendapatkan banyak pendidikan baru didalamnya, pengalaman baru serta pengalaman hidup yang bahkan belum dilalui namun dengan membaca biografi seseorang maupun tokoh lain, kita dapat merasakan sebuah pengalaman baru dan mendapatkan peajaran darinya.

2. Mendengarkan.

Dengan mendengarkan manusia akan sekaligus beinteraksi dengan lingkungannya. Manusia akan berbicara satu sama lain mengenai berbagai hal, berdiskusi dan saling bertukar fikiran. Kemudian dari kegiatan tersebut kita dapat mendengar berita, informasi serta pengalaman baru dari berbagai sumber dan sekaligus dapat berdiskusi.

Selain berdiskusi untuk menambah pengetahuan, cara lain yang dapat di coba adalah membeli audio book, atau buku audio. Dengan buku itu kita dapat mendengarkan kosakata baru bersamaan dengan melakukan aktivitas lain, seperti berkendara dan memasak. Tentunya saangat menyenangkan untuk dicoba.

3. Teknologi

Diera digital ini nyatanya setiap menusia melenial lebih senang menggunakan akses internet. Ya diinternet kita dapat mengakses apapun yang kita ingin ketahui, dengan cepat akurat dan menyediakan berbagai sumber. Dibandingan dengan membawa buku tebal, membaca Koran yang membosankan, melalui internet semua hal tersebut memang sangat dimudahkan, hanya dengan satu benda smartphone, tablet, maupun computer dan akses internet semua informasi mengenai dunia seakan lebih cepat kita dapatkan dibandingkan menunggu tercetaknya Koran dan terbitnya majalah bulanan. Sangat mengasyikkan. Kita dapat mengakses youtube dengan berbagai video animasi pendidikannya, sungguh sangat asyik bukan..

4. Belajar di sekolah maupun universitas

Belajar, mengakses pendidikan, maupun menambah pengalaman sebenarnya memiliki arti yang sangat luas, namun Negara Indonesia menyediakan suatu tempat bagi masyaakatnya untuk mengakses pendidikan dengan sangat mudah lagi. Di sekolah maupun universitas kita akan bertemu dengan mereka para tenaga pendidik yang mampu memuaskan kehausan kita akan pengetahuan, kita dapat beinteraksi, berdiskusi, membaca, dan dibimbing oleh mereka yang telah ahli.

 

Ke empat tips tersebut sangatlah membantu kita bukan? Kalian dapat memilih salah satunya, atau bahkan menggunakan kesemua hal tersebut sekaligus. Tak pernah ada batasan bagi manusia untuk memperluas pendidikan mereka. Namun dari kesemua hal diatas yang terpenting adalah setelah mendapatkan pengetahuan seseorang individu akan semakin mampu mengontrol diri mereka, semakin tenang dalam menyikapi pertmbuhan dunia.